Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman dan Bijak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Tips Aman dan Bijak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Memasuki masa dewasa tentu kita harus lebih memperhatikan pola hidup yang sehat agar kedepannya tidak mudah terserang penyakit, terlebih jika mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir, wine dan sebagainya Meminum minuman ini boleh-boleh saja namun alangkah baiknya tidak minum secara berlebihan yang memberikan dampak buruk terhadap tubuh. Untuk itu, anda harus memahami dulu cara bagaimana mengonsumsi minuman ini secara aman dan tentu bertanggung jawab.

Untuk mendapatkan berbagai macam jenis dan merk minuman yang lengkap, anda bisa mengunjungi Ismaya Shop

Sebelumnya, perlu diperhatikan dan diingat bahwa ibu hamil dan pasangan yang sedang mengusahakan kehamilan dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman ini dahulu. Dan untuk yang berusia dibawah 21 tahun, tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika ingin mengonsumsi minuman beralkohol. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Tips Aman dan Bijak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minum secukupnya

Kita sama-sama tahu, kalua sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Menurut penelitian, sebaiknya pria dan wanita dewasa tidak mengonsumsi minuman ini lebih dari empat belas unit alkohol dalam seminggu. Dan empat belas unit tersebut tidak boleh diminum sekaligus dalam kurun waktu satu hari. Berilah jeda beberapa hari dimana anda tidak mengonsumsinya sama sekali.

Selalu hitung kadar alkohol yang anda pesan, karena kadar setiap produk itu berbeda-beda. Pasalnya, dua gelas besar bir itu setara dengan minum empat unit alkohol dalam satu hari. Jadi, perhatikan jumlah minuman yang anda konsumsi agar tidak berlebihan.

Makan dahulu sebelum minum

Ketika minum minuman beralkohol dalam keadaan perut masih kosong alias belum makan, itu akan membuat anda lebih cepat mabuk. Selain cepat mabuk, organ tubuh hati anda juga diharuskan bekerja jauh lebih keras lagi untuk memproses atau mencerna alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, sebaiknya makan dahulu secukupnya sebelum meminum minuman beralkohol jenis apapun.

Dengan makan terlebih dahulu, alkohol tidak akan terlalu cepat diserap ke dalam otak, darah dan orhan lainnya. Ini dikarenakan, makanan yang dikonsumsi memperlambat proses penyerapan alkohol ke dalam tubuh.

Minum secara perlahan

Ketika mengonsumsi minuman ini, sebaiknya diminum dengan pelan saja tidak perlu terburu-buru. Minum alkohol dengan langsung menenggaknya sampai habis akan membuat organ hati anda kesulitan untuk membersihkan alkohol dari dalam tubuh nantinya. Sehingga yang terjadi, kadar alkohol yang tinggal di dalam tubuh dan masuk ke dalam aliran darah menjadi lebih banyak.

Jangan menyetir atau mengoperasikan mesin setelah minum

Setelah mengonsumsi minuman beralkohol, akan memperlambar reaksi dan refleks tubuh anda. Dan pengaruh yang ditimbulkan membuat koordinasi serta konsentrasi anda menjadi tidak baik atau menjadi kurang fokus. Untuk itu, demi keamanan anda dan orang lain, jangan menggunakan atau mengemudikan kendaraan dan jangan mengoperasikan mesin dan alat berat.

Jika sebelumnya sudah punya rencara mengadakan pesta untuk minum-minum bersama teman, lebih baik jangan bawa kendaraan sendiri dan menggunakan transportasi umum. Jika memang terpaksa berangkat menggunakan kendaraan sendiri, lebih baik ketika pulang minta tolong teman yang tidak minum sama sekali atau yang tidak mabuk untuk mengemudikan kendaraan anda untuk kembali ke rumah.

Nah, itulah beberapa tips aman dan bijak mengonsumsi minuman beralkohol yang bisa anda perhatikan sebelum mengonsumsinya. Semoga bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa selalu menjada kesehatan tubuh anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin dan teratur.