Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belanja Oleh-Oleh di Arab Saudi

Tips Belanja Oleh-Oleh di Arab Saudi

Setiap orang yang berangkat untuk ibadah Umroh atau Haji, tentu sepulang dari sana ingin membawa oleh-oleh khas Arab Saudi untuk diberikan kepada keluarga dan kerabat di rumah.

Tak jarang dari mereka akan merasa kebingungan ketika sudah tiba di lokasi perbelanjaan. Maka dari itu, ada baiknya mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebelum berbelanja di Arab Saudi, agar ketika berbelanja tidak membuang-buang waktu yang terlalu banyak karena merasa kebingungan harus melakukan apa. 

Untuk masalah barang bawaan ketika kembali ke Indonesia, Anda juga tidak perlu khawatir lagi, karena kini sudah ada jasa ekspedisi pengiriman barang dari arab saudi ke indonesia yang mudah dan cepat serta biayanya sangat terjangkau.

Nah, maka dari itu, sebelum Anda beangkat berbelanja ketika di Arab Saudi, simak dulu yuk Tips Belanja Oleh-Oleh di Arab Saudi berikut ini:

Tips Belanja Oleh-Oleh di Arab Saudi

1. Menulis perencanaan daftar belanja

Tak jarang ketika sampai dilokasi berbelanja, banyak orang yang kebingungan ingin membeli apa sebagai oleh-oleh. Hal itu biasa terjadi karena mungkint erlalu banyak pilihan yang ada di lokasi berbelanja.

Namun karena tujuannya membawakan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah, tentunya harus memikirkan oleh-oleh apa yang tepat dan pasti akan digunakan dengan baik oleh penerimanya.

Maka dari itu, membuat daftar perencanaan belanja sebelum berangkat sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk membeli barang sesuai kebutuhan.

Jadi Anda bisa memikirkan dahulu siapa saja orang yang ingin Anda berikan oleh-oleh dari Arab tersebut. Setelah itu, buatlah daftar oleh-oleh haji yang ingin dibeli, entah itu bisa makanan ataupun barang.

2. Siapkan uang riyal (Mata uang Arab Saudi)

Walaupun kini sudah banyak aplikasi keuangan yang mendukung transaksi pembayaran internasional, tetap saja Anda lebih baik menyiapkan uang riyal untuk berjaga-jaga jika ingin membeli oleh-oleh khas Arab Saudi yang kebetulan di lokasi penjualannya belum mendukung alat pembayaran digital tersebut.

Dari pada kecewa tidak jadi membeli barang karena hal sepele tersebut, sebaiknya berjaga-jaga bukan?

Akan tetapi, tetap persiapkan juga untuk mengisi saldo di aplikasi keuangan alat pembayaran digital, agar ketika lokasi penjualan ternyata mendukung alat pembayaran digital ini, lebih baik menggunakan saldo di aplikasi dari pada membayar langsung menggunakan uang riyal secara tunai. Dengan begitu, uang tunai Anda akan tetap utuh hingga menemukan lokasi perbelanjaan yang benar-benar belum mendukung aplikasi pembayaran digital.

3. Terapkan kebiasaan belanja dengan bijak

Walaupun kita berniat membelikan oleh-oleh yang mungkin dalam jumlah banyak, kita tetap harus selalu bijak dalam melakukannya. Bijak yang dimaksud disini adalah membeli barang-barang yang hanya diperlukan saja. Hindarilah pembelian barang yang memang tidak perlu. Dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran disana.

Jika memungkinkan, belilah barang oleh-oleh dimana barang tersebut bisa sering digunakan oleh penerimanya. Selain itu, belilah oleh-oleh tersebut dalam waktu yang tepat agar tidak menggangu jadwal Anda yang lain ketika di Arab Saudi dan tentunya selalu sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Perlu diingat juga, bahwa tujuan utama Anda ke tanah suci adalah untuk beribadah. Jadi, jangan sampai membuat niat ibadah Anda menjadi terganggu hanya gara-gara memikirkan oleh-oleh ya.

Sekian, semoga bermanfaat.